Bendera Bangsaku

SELAMAT DATANG SOBATKU DI BLOG MAMAT/UCOK/RONI PUTERA JAWA KETURUNAN SUMATERA, ALLAH KUASA MAKHLUQ TAK KUASA LAILAHAILLALLAH MUHAMMADURRASULULLAH

PEMBELAJARAN

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL)  
DI KELAS

LANGKAH-LANGKAHNYA:
  1. KEMBANGKAN PEMIKIRAN BAHWA ANAK AKAN BELAJAR  LEBIH BERMAKNA DENGAN CARA BEKERJA SENDIRI, DAN MENGKONSTRUKSI SENDIRI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BARUNYA.
  2. INKUIRI TIDAK PERLU DILAKUKAN UNTUK SEMUA TOPIK
  3. KEMBANGKAN SIFAT INGIN TAHU SISWA DENGAN BERTANYA!
  4. CIPTAKAN MASYARAKAT BELAJAR (BELAJAR DALAM KELOMPOK)
  5. HADIRKAN MODEL SEBAGAI CONTOH PEMBELAJARAN
  6. LAKUKAN REFLEKSI DI AKHIR PERTEMUAN
  7. LAKUKAN PENILAIAN AUTENTIK
                          
 TUJUH KOMPONEN C T L

1.   KONSTRUKTIVISME/VISTIK PENGETAHUAN DIBANGUN OLEH MANUSIA
      SEDIKIT DEMI SEDIKIT, YANG HASILNYA DIPERLUAS MELALUI KONTEKS YANG
      TERBATAS,TIDAK SEKONYONG-KONYONG
      CONTOH:
      INDIKATOR : MENGGUNAKAN SKALA PETA UNTUK MENGHITUNG JARAK
      KEGIATAN:
  • PERGILAH KELUAR KELAS. AMATILAH HALAMAN SEKOLAHMU,
  • KEMUDIAN UKURLAH PANJANG DAN LEBARNYA DAN CATATLAH BERSAMA TEMAN SEKELOMPOKMU MAKSIMUM 5 ORANG
  • SIAPKAN KERTAS MILIMETER, PENGGARIS, PENSIL, ROL METER
  • TENTUKAN TITIK SUDUT HALAMAN SEBAGAI AWAL PENGUKURAN.
  • DIMULAI DARI  ARAH  UTARA- TIMUR – SELATAN – BARAT
  • GUNAKAN ROL METER DAN CATAT SETIAP JARAK YANG KAM  UKUR (PANJANG DAN LEBAR)
  • KEMBALILAH KE KELAS.
  • GAMBARKAN SECARA TEPAT PADA KERTASMU. INGAT TIDAK
  • MUNGKIN PANJANG DAN LEBAR SEBENARNYA KAMU GAMBAR DI KERTASMU
LANGKAH-LANGKAH MENGGAMBAR DENAH
  • TENTUKAN TITIK DI SUDUT KIRI ATAS KERTAS MILIMETER
  • GUNAKAN PERBANDINGAN DARI METER KE CM.
  • UKURLAH DARI TITIK PERTAMA PANJANGNYA. UKUR PULA 
  •  LEBARNYA TITIK KEDU KE TITIK KETIGA. DARI TITIK KETIGA KE 
  •  TITIK KEEMPAT. HUBUNGKAN TITIK-TITIK TERSEBUT SEHINGGA 
  •  MEMBENTUK PERSEGI EMPAT.
  •  DISKUSIKAN DENGA TEMANMU , BERAPA LUAS GAMBAR
  •  HALAMAN SEKOLAHMU?

APA YANG TERJADI ANAK-ANAK?
TERNYATA GAMBAR DENAH SEKOLAHMU LEBIH KECIL DARI KENYATAAN SEBENARNYA BUKAN?
SIMPULKAN MENURUT KATAMU SENDIRI APA SKALA ITU?......
2.  (INQUIRY) MENEMUKAN
KATA KUNCI : 
  • SISWA MENEMUKAN SENDIRI  
  • GURU HARUS MERANCANG KEGIATAN YANG MERUJUK PADA KEGIATAN ME   NEMUKAN.
SIKLUS INKUIRI:
Ø OBSERVASI
Ø BERTANYA
Ø MENGAJUKAN DUGAAN
Ø PENGUMPULAN DATA
Ø PENYIMPULAN DATA

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN MENEMUKAN:
A.  MERUMUSKAN MASALAH;
a.   BAGAIMANA SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT? (SEJ)
b.   BAGAIMANA MENGGAMBAR PETA TEMATIK? (GEO)
c.   BAGAIMANA PRODUK BARANG BISA SAMPAI PADA 
      KONSUMEN? (EKO)
d.   DSB.

B.  MENGAMATI ATAU MELAKUKAN OBSERVASI
a. MENGMPULKAN DATA DARI SUMBER ATAU OBYEK YANG 
    DIAMATI
b.MEMBACA BUKU ATAU SUMBER YANG MENDUKUNG

C.  MENGANALISIS DAN MENYAJIKAN HASIL DALAM TULISAN
a.  DALAM BENTUK TABEL
b.  DALAM BENTUK BAGAN
c.  DALAM BENTUK GAMBAR
d.  DLL.

D.    MENGKOMUNIKASIKAN / MENYAJIKAN HASIL KARYA PADA:
a.  GURU
b.  TEMAN SEKELAS UNTUK MENDAPAT TANGGAPAN
C.  MAJALAH SEKOLAH DSB.


LEBIH LENGKAPNYA ANDA DAPAT DOWLOAD DI SINI http://www.ziddu.com/download/19642149/PEMBELAJARANCTL-1.rar.html

0 komentar: