PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL)
DI KELAS
DI KELAS
LANGKAH-LANGKAHNYA:
- KEMBANGKAN PEMIKIRAN BAHWA ANAK AKAN BELAJAR LEBIH BERMAKNA DENGAN CARA BEKERJA SENDIRI, DAN MENGKONSTRUKSI SENDIRI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BARUNYA.
- INKUIRI TIDAK PERLU DILAKUKAN UNTUK SEMUA TOPIK
- KEMBANGKAN SIFAT INGIN TAHU SISWA DENGAN BERTANYA!
- CIPTAKAN MASYARAKAT BELAJAR (BELAJAR DALAM KELOMPOK)
- HADIRKAN MODEL SEBAGAI CONTOH PEMBELAJARAN
- LAKUKAN REFLEKSI DI AKHIR PERTEMUAN
- LAKUKAN PENILAIAN AUTENTIK
TUJUH KOMPONEN C T L
1. KONSTRUKTIVISME/VISTIK PENGETAHUAN DIBANGUN OLEH
MANUSIA
SEDIKIT DEMI SEDIKIT, YANG HASILNYA DIPERLUAS MELALUI KONTEKS YANG
TERBATAS,TIDAK SEKONYONG-KONYONG
TERBATAS,TIDAK SEKONYONG-KONYONG
CONTOH:
INDIKATOR
: MENGGUNAKAN SKALA PETA UNTUK
MENGHITUNG JARAK
KEGIATAN:
- PERGILAH KELUAR KELAS. AMATILAH HALAMAN SEKOLAHMU,
- KEMUDIAN UKURLAH PANJANG DAN LEBARNYA DAN CATATLAH BERSAMA TEMAN SEKELOMPOKMU MAKSIMUM 5 ORANG
- SIAPKAN KERTAS MILIMETER, PENGGARIS, PENSIL, ROL METER
- TENTUKAN TITIK SUDUT HALAMAN SEBAGAI AWAL PENGUKURAN.
- DIMULAI DARI ARAH UTARA- TIMUR – SELATAN – BARAT
- GUNAKAN ROL METER DAN CATAT SETIAP JARAK YANG KAM UKUR (PANJANG DAN LEBAR)
- KEMBALILAH KE KELAS.
- GAMBARKAN SECARA TEPAT PADA KERTASMU. INGAT TIDAK
- MUNGKIN PANJANG DAN LEBAR SEBENARNYA KAMU GAMBAR DI KERTASMU
LANGKAH-LANGKAH
MENGGAMBAR DENAH
- TENTUKAN TITIK DI SUDUT KIRI ATAS KERTAS MILIMETER
- GUNAKAN PERBANDINGAN DARI METER KE CM.
- UKURLAH DARI TITIK PERTAMA PANJANGNYA. UKUR PULA
- LEBARNYA TITIK KEDU KE TITIK KETIGA. DARI TITIK KETIGA KE
- TITIK KEEMPAT. HUBUNGKAN TITIK-TITIK TERSEBUT SEHINGGA
- MEMBENTUK PERSEGI EMPAT.
- DISKUSIKAN DENGA TEMANMU , BERAPA LUAS GAMBAR
- HALAMAN SEKOLAHMU?
APA YANG TERJADI ANAK-ANAK?
TERNYATA GAMBAR DENAH SEKOLAHMU LEBIH
KECIL DARI KENYATAAN SEBENARNYA BUKAN?
2. (INQUIRY)
MENEMUKAN
KATA
KUNCI :
- SISWA MENEMUKAN SENDIRI
- GURU HARUS MERANCANG KEGIATAN YANG MERUJUK PADA KEGIATAN ME NEMUKAN.
SIKLUS
INKUIRI:
Ø OBSERVASI
Ø BERTANYA
Ø MENGAJUKAN DUGAAN
Ø PENGUMPULAN DATA
Ø PENYIMPULAN DATA
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN MENEMUKAN:
A. MERUMUSKAN MASALAH;
a.
BAGAIMANA SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT? (SEJ)
b. BAGAIMANA
MENGGAMBAR PETA TEMATIK? (GEO)
c. BAGAIMANA PRODUK BARANG BISA SAMPAI PADA
KONSUMEN? (EKO)
KONSUMEN? (EKO)
d. DSB.
B. MENGAMATI ATAU MELAKUKAN OBSERVASI
a. MENGMPULKAN DATA DARI SUMBER ATAU OBYEK YANG
DIAMATI
DIAMATI
b.MEMBACA BUKU
ATAU SUMBER YANG MENDUKUNG
C. MENGANALISIS DAN MENYAJIKAN HASIL DALAM
TULISAN
a. DALAM BENTUK TABEL
b. DALAM BENTUK
BAGAN
c. DALAM BENTUK GAMBAR
d. DLL.
D.
MENGKOMUNIKASIKAN / MENYAJIKAN HASIL KARYA PADA:
a. GURU
b. TEMAN SEKELAS
UNTUK MENDAPAT TANGGAPAN
C. MAJALAH SEKOLAH DSB.
LEBIH LENGKAPNYA ANDA DAPAT DOWLOAD DI SINI http://www.ziddu.com/download/19642149/PEMBELAJARANCTL-1.rar.html
0 komentar:
Posting Komentar