Bendera Bangsaku

SELAMAT DATANG SOBATKU DI BLOG MAMAT/UCOK/RONI PUTERA JAWA KETURUNAN SUMATERA, ALLAH KUASA MAKHLUQ TAK KUASA LAILAHAILLALLAH MUHAMMADURRASULULLAH

PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

Salah satu kegiatan utama yang tertuang dalam struktur kurikulum Sekolah Dasar adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Berikut ini blog gurukuhebat.com akan membahas Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD.


Dalam struktur kurikulum sekolah dasar, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mendapat alokasi waktu 20% (dua puluh persen beban jam belajar per tahun. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun waktu pelaksanaan.

Secara muatan, projek harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.

Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama. 

Tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD

Untuk jenjang SD (fase A sampai dengan fase C), diwajibkan untuk memilih dan menantukan 2 tema dalam satu tahun. Tema yang dapat dipilih meliputi: 
  1. Gaya Hidup Berkelanjutan
  2. Kearifan Lokal
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI
  5. Kewirausahaan 

1. Gaya Hidup Berkelanjutan

Diharapkan dengan kegiatan proyek siswa mampu memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. 
  1. Siswa mampu berfikir kritis tentang pengaruh aktivitas manusia dan perubahan iklim
  2. Siswa bisa membangun kesadaran ramah lingkungan dan mempromosikan gaya hidup yang lestari berkelanjutan dalam kesehariannya
  3. Siswa memahami potensi bencana di lingkungan sekitar akibat lingkungannya rusak

2. Kearifan Lokal

Membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi tentang budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya. 
  1. Siswa mempelajari keterkaitan berkembangan budaya lokal dengan kemajuan dan perkembangan nasional dan iternasional
  2. Siswa mampu memahami nilai – nilai kesenian dan tradisi lokal serta mampu menerapkan di kehidupan mereka
  3. Siswa mampu mempromosikan salah satu hal yang menarik tentang budaya dan nilai-nilai luhur yang dipelajarinya. 

3. Bhinneka Tunggal Ika 
 
Siswa mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan tentang fenomena global. 
  1. Siswa secara kritis dan reflektif menelaah hal – hal negatif yang biasanya dilekatkan pada suatu kelompok agama, dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
  2. Melalui projek ini, Siswa mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan antikekerasan. 

4. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI


Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya. 
  1. Siswa mengasah berbagai keterampilan berpikir dalam mewujudkan produk berteknologi.
  2. Siswa dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana, mulai dari menentukan spesifikasi sampai dengan uji coba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa.
  3. Siswa juga dapat mengasah keterampilan coding untuk menciptakan karya digital, dan berkreasi di bidang robotika. 

5. Kewirausahaan

Mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat. 
  1. Siswa kemudian merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam kerangka pembangunan berkelanjutan.
  2. Melalui kegiatan dalam projek ini seperti terlibat dalam kegiatan ekonomi rumah tangga, berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual, dan kegiatan lainnya, yang kemudian diikuti dengan proses analisis dan refleksi hasil kegiatan mereka.
  3. Melalui kegiatan ini, kreatifitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan. 

 

Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD

Berikut ini merupakan beberapa Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD yang bisa dilaksanakan di sekolah dasar. 

1. Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan 

Fase Fase A (Kelas 1-2)
Contoh Proyek :
  • Membuat sistem pembuangan dan pemilahan sampah sederhana di rumah dan di satuan pendidikan, misal piket, waktu rutin khusus untuk kebersihan.
  • Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
  • Mulai membangun tanggung jawab bersama terhadap kebersihan lingkungan sekitar
 
Fase B (Kelas 3-4)
Contoh Proyek :
  • Infografik hasil survei kebiasaan membuang dan memilah sampah di rumah dan di satuan pendidikan beserta dampaknya, dilengkapi usulan solusi.
  • Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
  • Mengumpulkan dan mengolah data amatan dari lingkungan sekitar
 
Fase C (Kelas 5-6)
Contoh Proyek :
  • Kampanye sederhana untuk memecahkan isu lingkungan, misal cara pencegahan kebakaran hutan atau banjir
  • Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
  • Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
 
2. Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal
 
Fase A (Kelas 1-2)
Contoh Proyek :
  • Pekan Permainan Tradisional, membuat kegiatan bersama yang berkaitan dengan mengenalkan dan melakukan berbagai jenis permainan tradisional daerah sendiri atau daerah lain di Indonesia.
  • Fokus: Membiasakan mendengarkan pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya
 
Fase B (Kelas 3-4)
Contoh Proyek :
  • Khazanah Dongeng, Legenda Tanah Air, membuat kumpulan cerita menarik dan bermakna dari berbagai daerah di Indonesia
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mendengarkan dengan baik pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya Mengumpulkan berbagai warisan budaya (intangible heritage) yang membawa pesan-pesan moral yang masih relevan dengan masa sekarang
 
Fase C (Kelas 5-6)
Contoh Proyek :
  • Merancang Jalur Wisata Daerah yang berkaitan dengan peninggalan bersejarah tangible dan intangible
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mulai mengenal berbagai kemungkinan interpretasi dan cara pandang ketika dihadapkan dengan dilema.
  • Memperkenalkan kekayaan budaya lokal beserta kearifannya kepada lingkup masyarakat luas secara kreatif lewat pengalaman indrawi.
 
3. Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bhinneka Tunggal Ika
 
Fase A (Kelas 1-2)
Contoh Proyek :
  • Buku kumpulan doa dan puisi bertema rasa syukur
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengidentifikasi emosi orang-orang terdekat (teman, pendidik, orang tua, dll.), mengatakannya dalam pertanyaan, dan mulai membiasakan berbuat baik kepada orang lain di lingkungan sekitarnya. Terbiasa mengucapkan kata-kata yang bersifat apresiatif di lingkungan satuan pendidikan dan masyarakat (seperti “terima kasih”, “bagus sekali”, dll.)
 
Fase B (Kelas 3-4)
Contoh Proyek :
  • Membuat buku kumpulan cerita pendek yang membawa pesan tentang perbedaan individu memperkaya relasi sosial dalam masyarakat dan mengampanyekannya dalam keseharian di satuan pendidikan.
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengidentifikasi emosi orang-orang terdekat (teman, pendidik, orang tua, dll.), mengatakannya dalam pertanyaan, dan mulai membiasakan berbuat baik kepada orang lain di lingkungan sekitarnya.
 
Fase C (Kelas 5-6)
Contoh Proyek :
  • Merancang maket prototipe tata kota yang memenuhi kebutuhan warganya secara adil dan merata, dilengkapi dengan ruang publik yang digunakan sebagai fasilitas kesehatan, pendidikan, keagamaan, dan lain-lain.
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengidentifikasi kesamaan dengan orang lain sebagai perekat hubungan sosial dan mewujudkannya dalam aktivitas kelompok.

0 komentar: